Sabtu, 24 Maret 2012

Perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia | SMP kelas 7 semester 2

Diposkan oleh Khusnul Sholaikhah di 3/24/2012 10:53:00 PM
Reaksi: 
A. Kemunculan Agama Hindu
Kedatangan bangsa Arya ke India sekitar 1500 SM menandai akan lahirnya agama Hindu. Mereka datang melalui celah Kaiber dan mendesak bangsa Dravida dan Munda yang terlebih dahulu mendiami daerah tersebut.
Agama Hindu ini sendiri merupakan sinkritisme antara kepercayaan bangsa Arya dengan kepercayaan bangsa Dravida. Agama Hindu ini merupakan agama yang bersifat percaya kepada banyak dewa, atau bersifat politeisme. Dewa yang dipuja oleh masyarakat yang beragama Hindu, yaitu Dewa Brahmana (dewa pencipta alam), Dewa Wisnu (dewa pemelihara alam), dam Dewa Siwa (dewa perusak alam). Pemujaan tersebut dipimpin oleh sekelompok Brahmana atau pendeta. Kemudian para Brahmana menulis berbagai ajaran ritual upacara keagamaan dalam sebuah kitab, yaitu kitab Weda.
Kitab Weda terdiri dari 4 bagian, yaitu:
  1. Rig-Weda, berisi syair-syair pujian kepada para dewa.
  2. Yajur-Weda, berisi pengorbanan atau sesajian terhadap para dewa.
  3. Sama-Weda, berisi nyanyian pemujaan.
  4. Atharva-Weda, berisi kumpulan matera-mantera gaib.
Dalam agama Hindu, dibedakan dalam 4 kasta, yaitu:
  1. Kasta Brahmana, kasta ini merupakan kasta tertinggi yang terdiri dari para pendeta. Kaum yang termasuk dalam kasta ini bertugas mengurus soal kehidupan keagamaan.
  2. Kasta Ksatria, kasta ini terdiri dari para raja, bangsawan, dan prajurit. Kaum yang termasuk dalam kasta ini berkewajiban menjalankan pemerintahan, termasuk mempertahankan negara.
  3. Kasta Waisya, kasta ini terdiri dari para petani, pedagang, dan peternak. Kaum yang termasuk dalam kasta ini bertugas untuk beternak, berdagang, dan bertani.
  4. Kasta Sudra, terdiri dari buruh dan pekerja kasar. Tugasnya adalah melakukan pekerjaan-pekerjaan kasar.
Selain empat kasta yang disebutkan di atas, ada golongan di luar kasta, yaitu golongan Paria, yang terdiri dari para gelandangan, pengemis, dan orang buangan.

B. Munculnya Agama Buddha
Agama Buddha ini awalnya merupakan paham baru dari agama Hindu. Pemeluk agama Hindu kecewa karena adanya pembagian kasta.
Agama Buddha dipeloporo oleh Sidharta Gautama. Berbeda dengan agama Hindu, dalam agama Buddha tidak mengenal pembagian kasta. dalam ajaran agama Buddha, manisia akan mengalami reinkarnasi atau dilahirkan berkali-kali, dan manusia akan samsara. Penderitaan ini dapat dihentikan melalui delapan jalan, yaitu ajaran, sikap, bicara, tingkah laku, penghidupan, usaha, bersemedi, dan memperhatikan hal-hal yang benar.
Kitab suci agama Buddha adalah Tripitaka. Kitab ini terdiri dari tiga kumpulan, yaitu:
  1. Sutra Pitaka, berisi wejangan-wejangan Sang Buddha.
  2. Vinaya Pitaka, berisi segala macm peraturan dan hukum yang menentukan cara  hidup para pemeluknya.
  3. Abhidharma Pitaka, berisi penjelasan-penjelasan dan kupasan soal keagamaan.
Seiring dengan berkembangan jaman, agama Buddha pecah menjadi dua aliran, yaitu:
  1. Aliran Hinayana, mengajarkan bahwa untuk mencapai Nirwana sangat tergantung pada usaha diri untuk melakukan meditasi.
  2. Aliran Mahayana, mengajarkan bahwa untuk mencapai Nirwana, setiap orang harus mengembangkan kebijaksanaan dan sifat welas asih. dengan demikian, pendeta harus memberikan petunjuk dan bimbingan kepada pengikutnya agar dapat mencapai Nirwana bersama.

C. Teori Masuknya Agama Hindu-Buddha di Indonesia
 Ada beberapa teori mengenai proses masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia.
  1. Teori Waisya, (Prof. Dr. N.J. Krom) bahwa pembawa dan penyebar agama Hindu-Buddha di Indonesia adalah para pedagang.
  2. Teori Brahmana, (Van Leur) bahwa yang membawa agam Hindu-Buddha di Indonesia adalah golongan Brahmana.
  3. Teori Ksatria, (C.C. Berg dan Majumdar) bahwa yang membawa agama Hindu-Buddha ke Indonesia adalah golongan Ksatria, karena dahulu pernah terjadi perang. Prajurit yang kalah banyak yang pergi ke Nusantara.
  4. Teori Arus Balik, (F.D.k. Bosch) bahwa masyarakat Indonesia sendiri yang membawa agama Hindu-Buddha itu sendiri dari India.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Khusnul's Blog (쿠스널) Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting